Dampak Ekonomi Pandemi COVID-19 di Sleman

Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan roda perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Sleman, Yogyakarta, dampak ekonomi dirasakan khususnya oleh masyarakat miskin. Sebuah studi terbaru yang menganalisis data dari Sleman Health and Demographic Surveillance System (HDSS) periode September-Oktober 2020 mengungkap gambaran suram ini.

Analisis yang dilakukan oleh Firdaus Hafidz dkk. ini melibatkan 1.516 responden HDSS. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 60% merasakan pukulan ekonomi akibat pandemi. Namun, yang paling terdampak adalah mereka yang berada di kelompok sosial ekonomi bawah (45,8% dari total responden). Kelompok ini 2,5 hingga 3 kali lebih cemas kehilangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan dasar, dan melunasi kewajiban finansial dibandingkan dengan kelompok ekonomi atas.

Tak hanya ketakutan, dampak nyata pun dirasakan. Sebanyak 3% responden dari kelompok sosial ekonomi bawah mengalami PHK atau kehilangan pekerjaan. Kegelisahan ini beralasan, mengingat mereka lebih rentan terdampak pembatasan aktivitas selama pandemi.

 

Bantuan Pemerintah: Jangkauan dan Harapan

Meski dihadapkan pada kesulitan, bantuan pemerintah berupa uang tunai, voucher makanan, dan keringanan kewajiban finansial menjadi titik terang. Kelompok ekonomi bawah memiliki peluang 2-3 kali lebih besar menerima bantuan ini dibandingkan kelompok atas. Hal ini menunjukkan upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat rentan.

 

Data dan Respon Cepat: Kunci Perlindungan

Studi ini menyoroti pentingnya data akurat dan respon cepat pemerintah dalam melindungi masyarakat miskin. Dengan data yang tepat, pemerintah dapat mengidentifikasi kelompok yang paling membutuhkan dan menyalurkan bantuan secara efektif. Respon cepat juga diperlukan agar bantuan bisa segera diterima dan meringankan beban masyarakat.

 

Mewujudkan SDGs: Jalan Terjal tapi Tak Mustahil

Temuan studi ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) goal 3, yaitu memastikan kehidupan sehat dan sejahtera bagi semua orang. Pandemi COVID-19 telah menguji komitmen kita terhadap poin ini, khususnya dalam melindungi kelompok rentan. Meskipun jalan masih terjal, dengan data yang akurat, respon cepat, dan kebijakan yang tepat sasaran, kita bisa berharap untuk mewujudkan SDG3 dan membangun masa depan yang lebih adil dan sejahtera bagi semua.

 

Penulis: Redaksi HDSS Sleman
Editor: Naufal Farah Azizah
Ilustrasi dibuat menggunakan AI ∙ 23 Februari 2024 jam 15:43

 

Referensi:
Hafidz, F., Fachiroh, J., Bintoro, B. S., Wicaksana, A. L., Qaimamunazzala, H., Rosha, P. T., … & Wardani, R. K. (2022). Economic Impact of the Coronavirus Disease-2019 Pandemic: Sleman Health and Demographic Surveillance System Individual Panel Secondary Data Analysis. Malaysian Journal of Medicine & Health Sciences, 18.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.