Mengenal Lebih Dekat Kanker Serviks di Dusun Trini, Trihanggo, Sleman

Kanker serviks merupakan tumor ganas di leher rahim yang dapat menyebar (metastasis) ke organ-organ lain dan dapat menyebabkan kematian (Hoffman. L. B., dkk, 2012). Perjalanan penyakit kanker membutuhkan waktu lama, sehingga kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini, namun kesadaran untuk melakukan deteksi dini kanker serviks di Indonesia masih rendah.

Berdasarkan kejadian tersebut, tim pengabdian masyarakat HDSS Sleman FK-KMK UGM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik Kanker Serviks.Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Minggu, 12 November 2023 pukul 13.00-15.00 WIB di Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman. Narasumber pada kegiatan ini adalah dr. Ratri Wulandari, MSc, PhD yang merupakan Dosen Departemen Obstetri dan Ginekologi dari FK-KMK UGM.

dr. Ratri menyampaikan materi berkaitan dengan penyebab, tanda gejala, pencegahan, dan deteksi dini kanker serviks. Beliau juga mendorong peran Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dusun Trini untuk mengajak warganya dalam melakukan tes IVA, sebagai salah satu cara deteksi dini penyakit kanker serviks. Harapannya, edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran diri untuk mencegah dan melakukan deteksi dini serta menghilangkan mitos di masyarakat terkait kanker serviks (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.