Pendampingan Kader Kesehatan Pos UKK Seyegan

Pada tanggal 8 dan 9 Mei 2023, tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Ibu Yayuk Hartriyanti, SKM, M.Kes bekerjasama dengan HDSS Sleman telah melakukan pelatihan kader kesehatan Pos UKK di Puskesmas Seyegan. Peningkatan derajat kesehatan dengan cara mengadakan pelatihan kader, pemeriksaan kesehatan, serta penyuluhan kesehatan kerja khususnya gizi kerja dan tata kelola stres diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja dalam kehidupan sehari-hari para pekerja informal. Selain itu, adanya kader kesehatan yang sudah terlatih di setiap kelompok pekerja diharapkan mampu mempertahankan keberlanjutan program dengan terciptanya kemandirian untuk melaksanakan skrining pemeriksaan kesehatan rutin tanpa bergantung pada tenaga kesehatan.

Untuk itu, tim pengabdian masyarakat dari Departemen Gizi bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan pendampingan pemeriksaan kesehatan “5 Meja Posbindu” oleh Kader Pos UKK yang telah terlatih. Dalam kegiatan ini,  perwakilan dari Puskesmas Seyegan turut serta mendampingi kader Pos UKK dalam pemeriksaan kesehatan. Para kader Pos UKK melakukan pemeriksaan melalui konsep “Posbindu 5 Meja”.

Meja pertama digunakan sebagai tempat pengisian identitas diri, dilanjutkan meja dua untuk skrining masalah kesehatan. Meja tiga digunakan untuk mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar perut, dan tekanan darah. Dilanjutkan meja empat yaitu pengukuran gula darah, asam urat, dan kolesterol. Hasil dari pemeriksaan dari meja dua, tiga, empat akan dilihat untuk diberikan kesimpulan dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan 0leh petugas di meja lima. Meja lima bertugas untuk memberikan edukasi kesehatan dan/atau memberikan rujukan pada Puskesmas.

Pendampingan pertama dilakukan pada kader Pos UKK Pasar Ngino di Pasar Ngino, Seyegan, Sleman pada hari Senin, 15 Mei 2023. Pendampingan berikutnya dilakukan pada kader Pos UKK Batik Kencana dan kader Pos UKK Genteng Klaci pada hari Jumat, 19 Mei 2023. Kader Pos UKK yang terlatih mempraktekkan secara langsung hasil dari pelatihan kepada warga di wilayah masing-masing dengan pendampingan dari tim pengabdian masyarakat dan Puskesmas Seyegan. Terdapat beberapa warga yang mendapatkan rujukan terkait hasil pemeriksaan yang didapatkan selama pemeriksaan.

Para kader Pos UKK yang terlatih sangat merasakan manfaat dari pengabdian masyarakat “Pembinaan Kader Kesehatan pada Kelompok Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja di Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman”. Harapan kedepannya, kelompok pos UKK yang sudah terlatih dapat mengadakan pemeriksaan kesehatan secara mandiri tanpa harus menunggu petugas puskesmas, serta dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan dengan penuh kesadaran. (WMI)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.