Dukungan Interaksi Kader pada Posyandu Lansia Penggiat Lansia Mandiri di Sariharjo, Ngaglik, Sleman

Berdasarkan data Badan pusat Statistik tahun 2017, saat ini Indonesia mengalami transisi demografi secara dramatis yang berupa peledakan jumlah penduduk lansia. Menurut hasil proyeksi Sensus Penduduk 2010, persentasi lansia di Indonesia tahun 2035 akan mencapai 15%.Provinsi dengan jumlah lansia terbanyak di Indonesia tahun 2017 adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu 13.90% dengan proporsi lansia muda (60-69 tahun) adalah 7.66%, lansia madya (70-79 tahun) sebanyak 4.30%, lansia tua (>80 tahun) adalah 1.93% (BPS, 2017).

Desa Sariharjo yang merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman, pada bulan Februari 2020 memiliki jumlah lansia sebanyak 172 jiwa. Banyaknya jumlah lansia tersebut meningkatkan kebutuhan peran serta aktif masyarakat dalam meningkatkan status kesehatan lansia. Sebagai langkah awal, pada tahun 2021 telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat “Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Lansia Melalui Program yang Terintegrasi dalam Posyandu Lansia” dengan sasaran kader Posyandu Lansia di Desa Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Pada tahun 2022, Tim Pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. dr. Nuring Pangastuti, Sp.O.G, Subsp. Urogin Re, melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui “PKM Kader Posyandu Lansia Penggiat Lansia Mandiri di Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman”. Kemudian dilanjutkan tahun 2023 melalui pengabdian masyarakat “Dukungan Interaksi Kader pada Posyandu Lansia Penggiat Lansia Mandiri di Sariharjo Ngaglik, Sleman. Bekerjasama dengan HDSS Sleman, hari Minggu 4 Juni 2023 kegiatan pengabdian masyarakat dukungan interaksi kader posyandu lansia ini telah dilaksanakan di Padukuhan Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan lansia dan pengisian kuesioner oleh para kader lansia Wonorejo didampingi oleh tim pengabdian masyarakat dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan. Hadir sebagai narasumber Dr. dr. Probosuseno, SpPD,K-Ger, Ibu Sri Mulyani, S.Kep, Ns., MNg., Ibu Partini sebagai Ketua Kader Posyandu Lansia Wonorejo, serta perwakilan dari Puskesmas Ngaglik 2 Bapak Tyo.

Dengan diadakannya pengabdian masyarakat “Dukungan Interaksi Kader pada Posyandu Lansia Penggiat Lansia Mandiri di Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman”, diharapkan  tersampaikannya dukungan kepada kader dan masyarakat lansia dalam pengetahuan maupun keterampilan terkait kesehatan lansia (WMI).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.