Pengabdian Masyarakat Gizi Seimbang di Nusupan, Trihanggo, Gamping, Sleman

Indonesia merupakan negara yang mengalami masalah beban gizi ganda (double burden of malnutrition/DBM) karena tingginya prevalensi kurang gizi dan kelebihan gizi pada saat yang bersamaan. Beban ganda gizi berdampak pada seluruh aspek kehidupan (Kemenkes, 2020). Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan aman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko penyakit kronis dan penyakit infeksi. Masyarakat harus membiasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok dan membatasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak.

HDSS Sleman mengadakan penyuluhan kesehatan gizi seimbang dan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol pada kader kesehatan dan ibu PKK dusun Nusupan, Trihanggo, Gamping, Sleman. Kegiatan dilaksanakan secara luring pada hari Rabu, 23 November 2022 di rumah warga perwakilan dari ibu-ibu PKK.

Narasumber pada kegiatan penyuluhan ini adalah Ibu Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi., RD selaku dosen Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM. Kegiatan berjalan lancar dan peserta aktif dalam melakukan diskusi, terutama yang berkaitan dengan hasil pemeriksaan kesehatannya. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya kader kesehatan dan ibu PKK sebagai bekal dalam upaya promotif dan preventif, agar dapat berperan lebih besar pada keberlangsungan upaya peningkatan kesehatan dalam lingkup keluarga dan masyarakat. (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.