Penyuluhan Hipertensi dan Pemeriksaan Kesehatan di Joho, Condongcatur, Sleman

Hipertensi adalah suatu kondisi atau keadaan dimana seseorang mengalami kenaikan tekanan darah di atas batas normal yang akan menyebabkan kesakitan bahkan kematian. Hipertensi merupakan salah satu penyebab kerusakan berbagai organ baik secara langsung maupun tidak langsung (Tambunan et al., 2021). 

Dukuh Padukuhan Joho, Condongcatur, Depok meminta HDSS Sleman untuk memberikan penyuluhan mengenai hipertensi dan pemeriksaan kesehatan yang bertepatan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad. Padukuhan Joho diketahui memiliki kegiatan posyandu balita dan posyandu lansia yang masih aktif dikelola oleh kader kesehatan di setiap bulannya. Kegiatan dilaksanakan secara luring pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 bertempat di Masjid Nurul Huda, Joho, Condongcatur, Depok.

Narasumber pada kegiatan penyuluhan ini adalah dr. Yogi Fitriadi, MSc selaku dosen Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas FK-KMK UGM. Kegiatan berjalan lancar dan masyarakat aktif dalam melakukan diskusi, serta berkonsultasi hasil pemeriksaan kesehatannya. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat khususnya sebagai bekal dalam upaya promotif dan preventif hipertensi, agar dapat berperan lebih besar pada keberlangsungan upaya peningkatan kesehatan di masyarakat. (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.