Upaya Preventif, Promotif, Kuratif, dan Rehabilitasi Penyakit Infeksi pada Anak untuk Mencapai Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Penyakit infeksi pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan pada anak yang saling mempengaruhi dengan nutrisi dan tumbuh kembang anak.  Penyakit infeksi virus dengue, diare, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), dan tuberkulosis memiliki hubungan dengan nutrisi dan tumbuh kembang anak. Berdasarkan data dari HDSS Sleman pada tahun 2019, prevalensi penyakit infeksi dengue, ISPA, dan TB anak di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman adalah sebesar, 0,63%; 2,36%; dan 0,31%. Kecamatan Kalasan merupakan salah satu wilayah endemis infeksi dengue dengan prevalensi penyakit dengue yang hampir selalu tinggi setiap tahunnya. 

Pemerintah Kabupaten Sleman telah berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Upaya peningkatan status kesehatan masyarakat sangat membutuhkan peran aktif dari tenaga kesehatan dan masyarakat. Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. dr. Ida Safitri Laksanawati, Sp.A(K), selaku dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tenaga kesehatan dari Puskesmas Kalasan dan kader kesehatan Kalurahan Tamanmartani. Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring pada bulan November 2021-Januari 2022 di Kalurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman.

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam deteksi dini permasalahan tumbuh kembang dan nutrisi khususnya pada tenaga kesehatan dan kader kesehatan sebagai bekal dalam upaya promotif dan preventif permasalahan infeksi, tumbuh kembang, dan nutrisi pada anak di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.