Pelatihan Kesehatan Mental Depresi pada Kader Kesehatan di Caturharjo, Sleman

Kesehatan mental yang baik merupakan kondisi dimana seseorang mampu mengetahui kemampuan dirinya, mampu menghadapai tekanan hidup sehari-hari, memiliki peran tersendiri, dan dapat berkontribusi pada masyarakat sekitar (WHO, 2014). Dukungan keluarga, lingkungan, dan rasa saling membantu dapat membantu seseorang mengatasi permasalahan kesehatan mental yang sedang dihadapi. Isu kesehatan jiwa juga menjadi perhatian tokoh masyarakat di wilayah Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Sleman dengan menggandeng HDSS Sleman sebagai mitra dalam menangani permasalahan tersebut.

Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Ibu Ema Madyaningrum, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D, selaku dosen Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan Pelatihan Kesehatan Mental Depresi pada Kader Kesehatan di Caturharjo, Sleman. Kegiatan dilaksanakan secara luring pada hari Selasa, 19 Agustus 2022 di ruang rapat kalurahan Caturharjo, Sleman. Pelatihan dibuka dengan sambutan dari Ibu Nilawati selaku Carik Kalurahan Caturharjo, Sleman.

Narasumber pada kegiatan pelatihan ini adalah dr. Fiddina Mediola, Sp.KJ selaku perwakilan Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa FK-KMK UGM dan praktisi di Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala, Yogyakarta. Beliau menyampikan materi Pengenalan Depresi. Pemaparan materi dilanjutkan oleh Ibu Ema Madyaningrum, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D yang menyampaikan materi Peran Kader dalam Kesehatan Jiwa. Terakhir, materi Langkah-Langkah Alur Penyelesaian Kesehatan Jiwa Masyarakat disampaikan oleh ibu Firra Berlinawati,M.Psi.,Psikolog selaku Psikolog dari Puskesmas Sleman. Pelatihan berjalan lancar dan kader aktif dalam melakukan diskusi serta bermain peran dalam melakukan penemuan kasus pada masyarakat yang mengalami gejala depresi. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu kader dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menangani depresi di masyarakat (NN Hasanah).