Penyuluhan dan Pelatihan Gamadari: Gerakan Bersama Sadar Kanker Payudara dengan SADARI

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita oleh perempuan. Salah satu cara untuk deteksi dini kanker payudara adalah dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. dr. Prima Dhewi Ratrikaningtyas, M.Biotech., bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan penyuluhan dan pelatihan dengan judul “Gamadari: Gerakan Bersama Sadar Kanker Payudara dengan SADARI”.

Penyuluhan dan pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021 pukul 15.30-17.00 WIB secara luring terbatas di Gedung Tempat Pemungutan Suara (TPS) Padukuhan Jombor Kidul, Sinduadi, Mlati. Kegiatan dihadiri oleh 22 peserta yang terdiri atas perwakilan kader kesehatan dan ibu-ibu PKK di Jombor Kidul.

Sebelum dimulai, peserta diminta untuk mengerjakan pre-test, dan di akhir acara peserta mengerjakan post-test. Kegiatan dibuka oleh sambutan Bapak Kepala Padukuhan Jombor Kidul, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta penyampaian materi dan pelatihan oleh Ibu Dr. dr. Prima Dhewi Ratrikaningtyas, M.Biotech.

Materi disampaikan dalam bentuk video deteksi kanker payudara dengan SADARI, materi presentasi dan praktik Gerakan SADARI. Ibu-ibu antusias mengikuti Gerakan SADARI dan bertanya seputar faktor risiko, gejala maupun pemeriksaan kanker payudara. Harapannya ibu-ibu kader dapat menyampaikan ilmu yang diperoleh serta cara melakukan SADARI kepada masyarakat di Padukuhan Jombor Kidul (PD Ratrikaningtyas, F Rizqi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.