PERTEMUAN RUTIN FORUM TOKOH MASYARAKAT HDSS HANDARBENI 2021

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan pertemuan dengan forum tokoh masyarakat HDSS Handarbeni. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 10.00 – 11.30 secara daring melalui aplikasi Zoom, dihadiri oleh anggota HDSS Handarbeni yang terdiri dari kepala dukuh, perwakilan Puskesmas, dan pengelola HDSS Sleman.

Pertemuan diawali dengan sambutan perwakilan HDSS Sleman FK-KMK UGM, dari Divisi Stakeholder Engagement, Ibu Vena Jaladara, SKM., MPH. Beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini direncanakan sebagai agenda rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pertemuan rutin ini ditujukan sebagai sarana diskusi dan berbagi pengalaman mengenai isu kesehatan khususnya di wilayah Kabupaten Sleman. Harapannya kegiatan ini dapat mempererat kerjasama dan memperkuat kolaborasi antara masyarakat Sleman dan HDSS Sleman untuk mampu menghasilkan lebih banyak manfaat di masa depan. Selain pertemuan rutin, forum juga melakukan komunikasi melalui grup WhatsApp.

Topik pertemuan kali ini adalah berbagi pengalaman dalam membangun gotong royong antar warga di masa pandemi COVID-19 di Padukuhan Joho, Condongcatur, Depok, Sleman, yang disampaikan oleh Ibu Retnaningsih, selaku kepala Dukuh Joho. Melalui penayangan video liputan kegiatan yang diberitakan di media massa, beliau menerangkan berbagai kegiatan gotong royong antar warga yang dilakukan di Padukuhan Joho meliputi bagaimana menjalin kerjasama dengan para stakeholder, penggalangan dana bagi warga terdampak hingga pengelolaan dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri akibat COVID-19. Warga Padukuhan Joho dapat melalui masa sulit pandemi dengan gotong royong dan menumbuhkan kepedulian antar warga.

Pada pertemuan tersebut juga ada pemaparan kontribusi HDSS Sleman dalam membantu warga Sleman yaitu melalui kegiatan pemantauan kesehatan, edukasi masyarakat, dan penelitian. Kegiatan HDSS Sleman juga memerlukan dukungan dari tokoh masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.

Pemaparan dan diskusi berjalan dengan menarik serta disambut dengan antusiasme tinggi oleh anggota forum dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai bagaimana menginisiasi gotong royong dan cara mempertahankannya. Diharapkan pertemuan rutin ini dapat menjadi forum silaturahmi dan diskusi antara masyarakat dan HDSS Sleman (V Jaladara, F Rizqi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.