,

Penyuluhan terkait Kesehatan Mulut pada Lansia Dusun Karangmalang Kecamatan Depok

HDSS Sleman mendapatkan permintaan dari Posyandu Lansia Dusun Karangmalang Desa Catur Tunggal Kecamatan Depok untuk menyelenggarakan penyuluhan terkait kesehatan mulut pada lansia. Posyandu lansia ini telah rutin melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulan sejak kurang lebih 12 tahun yang lalu. Posyandu lansia Dusun Karangmalang selalu melaksanakan pengukuran kesehatan rutin kepada lansia dan pra lansia meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, lingkar panggul dan tekanan darah. Permintaan penyuluhan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami beberapa lansia dan pra lansia terkait gigi dan mulut seperti gigi goyang, gusi bengkak dan gigi tanggal.

HDSS Sleman kemudian bekerja sama dengan Program Studi Higiene Gigi Fakultas Kedokteran Gigi UGM dan mengundang drg. Elastria Widita, M.Sc untuk melaksanakan penyuluhan pada hari Kamis, 18 Juli 2019 pukul 16.00 WIB. Lansia dan pra lansia yang hadir kurang lebih 50 orang. Sebelum kegiatan penyuluhan berlangsung, posyandu dibuka dengan menyanyikan lagu lansia sehat bersama-sama. Kemudian drg. Elastria Widita menampilkan beberapa permasalahan terkait gigi dan mulut yang sering dialami lansia, penyebabnya dan cara mengatasinya serta bagaimana cara merawat gigi palsu. Media penyuluhan yang digunakan adalah slide presentasi dengan menampilkan gambar-gambar yang untuk memudahkan masyarakat memahami penjelasan yang disampaikan. Waktu penyuluhan kurang lebih 45 menit.

Masyarakat cukup antusias dengan kegiatan ini. Banyak masyarakat yang menyampaikan pertanyaan terkait permasalahan gigi dan mulut yang dialami masing-masing. Kegiatan penyuluhan HDSS Sleman di posyandu lansia Dusun Kuningan memang sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan sehingga masyarakat memberikan sambutan positif. Masyarakat berharap kerja sama dengan HDSS Sleman dapat terus dilakukan setiap tahun dan tidak berhenti di tahun ini saja.

 

Gambar 1. Kegiatan Pendaftaran dan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

 

Gambar 2. Kegiatan Penyuluhan Kesehatan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.