Memperluas Komunitas Health Promoting School: HDSS Sleman bekerjasama dengan SDIT Alam Nurul Islam Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

Setelah sukses membuat program pengabdian masyarakat Health Promoting School yang merupakan perwujudan dari Kampanye Sekolah Sehat Kemendikbud yang sebelumnya menarget siswa dan guru sekolah menengah pertama di beberapa sekolah di Kabupaten Sleman, kali ini kegiatan pengabdian masyarakat Health Promoting School menarget siswa sekolah dasar di Kabupaten Sleman. Fokus program ini yaitu sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan dengan menggandeng berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga satuan pendidikan.

Pada Senin, 9 September 2024, Program Health Promoting School melaksanakan pelatihan kader sekolah sehat bagi perwakilan siswa kelas 4 dan 5 SDIT Alam Nurul Islam yang berlokasi di aula SDIT Alam Nurul Islam.  Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D., dari Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM bekerjasama dengan HDSS Sleman.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan Kepala Sekolah SDIT Alam Nurul Islam. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi dari tiga orang narasumber, yaitu drg. Arumi Wulansari, M.P.H., selaku Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang membawakan materi tentang kader kesehatan, trias Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Dr. dr. Rahmaningsih Mara Sabirin, M.Sc, dari Departemen Fisiologi FK-KMK UGM, yang menyampaikan pentingnya aktivitas fisik pada usia sekolah. Pemateri terakhir, materi tentang gizi yang baik untuk anak sekolah disampaikan oleh ibu Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi, RD dari program studi Gizi Kesehatan FK-KMK UGM.

Pelatihan kader Health Promoting School bertujuan untuk membentuk kader kesehatan yang dapat menjadi pemimpin dan mendorong siswa sekolah untuk melakukan aktivitas fisik serta menerapkan PHBS di sekolah. Pelatihan ini mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) yakni Good Health and Well-being (SDG3), Quality Education (SDG4), dan Partnership for The Goals (SDG17). Pelatihan kader sehat menyiapkan kader-kader Health Promoting School dengan mengajak dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya kesehatan dan lingkungan sekolah yang sehat. Selain itu, pelatihan ini juga dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan bagi siswa tentang hidup sehat untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai kader Health Promoting School.

Dengan membekali siswa sebagai kader kesehatan, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang sehat, tetapi juga membangun fondasi kuat untuk masa depan yang lebih baik. Diharapkan, para kader dapat menjadi agen perubahan yang menginspirasi teman-temannya dan masyarakat sekitar untuk hidup lebih sehat. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bahwa kesehatan adalah investasi jangka panjang yang harus dimulai sejak dini.

Penulis:

Aphrodita Sona Rachmadani
Bilqis Saptira Maulia
Salma Maharani Cahyadi


Editor: Naufal Farah Azizah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.