,

Workshop Analisis Data untuk Mendukung Peningkatan Kesehatan Berkelanjutan di Kabupaten Sleman

HDSS Sleman berkomitmen untuk selalu menghasilkan luaran berkualitas yang dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan berkelanjutan di Kabupaten Sleman. Dalam rangka mendukung komitmen hal tersebut, HDSS Sleman mengadakan beberapa workshop analisis data untuk setiap modul penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data Siklus 9. Workshop ini mengundang para peneliti yang terlibat dalam pembuatan modul, manajer data, dan asisten peneliti. Workshop bertujuan untuk membahas rencana hasil analisis statistik dari data yang dikumpulkan dan potensi manuskrip yang dapat ditulis dari modul tersebut.

Workshop dimulai pada Senin, 3 Juni 2024, dengan membahas Modul Gaya Hidup, Riwayat Kesehatan, dan Riwayat Pengobatan dengan penanggung jawab dr. Anggoro Budi Hartopo.,Ph.D, Sp.PD, Sp.JP. Beliau menyampaikan agar luaran dari modul ini tidak hanya digunakan sebagai penelitian pencegahan kardiovaskular longitudinal di populasi. Harapannya luaran modul ini dapat dimanfaatkan untuk tesis penelitian para mahasiswa program pendidikan dokter spesialis kardiovaskular dan kedokteran vaskular dengan peminatan preventif. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-3: Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik.

Selain itu, dr. Anggoro menekankan pentingnya penelitian ini untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular di masyarakat. Dengan data yang komprehensif dan analisis yang mendalam, diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar bagi intervensi kesehatan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Melalui workshop ini, diharapkan dapat mempersiapkan luaran berkualitas agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan di Kabupaten Sleman. Workshop ini juga membuka peluang bagi peneliti muda untuk terlibat lebih aktif dalam penelitian dan menulis manuskrip ilmiah yang berkualitas dengan mengidentifikasi potensi penelitian dari data sekunder HDSS Sleman.

HDSS Sleman berkomitmen untuk terus mendukung penelitian yang berdampak positif pada kesehatan masyarakat dan mendorong partisipasi aktif dari para peneliti muda. Workshop ini adalah salah satu langkah konkret dalam upaya tersebut, sejalan dengan komitmen global terhadap kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi semua orang. Melalui kolaborasi yang erat antara peneliti, manajer data, dan asisten peneliti, diharapkan HDSS Sleman ini dapat memberikan lebih banyak kontribusi signifikan dalam mencapai tujuan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sleman.

Penulis: Naufal Farah Azizah
Editor: Septi Kurnia Lestari
Dokumentasi: Naufal Farah Azizah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.