Indeks Massa Tubuh (IMT) Tinggi Berhubungan dengan Kemampuan Kognitif Lansia?

Penelitian terbaru di Kabupaten Sleman menemukan bahwa lansia dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) tinggi, terutama obesitas, memiliki risiko penurunan daya kognitif yang lebih rendah dibandingkan dengan lansia dengan berat badan normal. Penelitian tersebut menggunakan desain potong lintang yang melibatkan 143 lansia di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia dengan obesitas memiliki risiko 40% lebih rendah mengalami penurunan daya kognitif dibandingkan dengan lansia dengan berat badan normal.

Analisis data menunjukkan bahwa usia lanjut meningkatkan risiko penurunan kognitif hingga 3,5 kali lipat. Namun, lansia dengan IMT tinggi memiliki risiko penurunan kognitif yang lebih rendah. Perbandingan ini memperkuat hipotesis tentang adanya “mekanisme sebab-akibat terbalik” antara IMT dan fungsi kognitif pada lansia di Indonesia, sesuai dengan penelitian di negara berpenghasilan rendah dan menengah lainnya. Namun penelitian di Kabupaten Sleman ini memperkuat hipotesis tersebut.

Hal tersebut bisa terjadi karena obesitas atau IMT yang tinggi pada lansia disebabkan oleh massa otot yang lebih besar atau peningkatan akumulasi lemak di area selain perut, misalnya masa lemak di kaki. Semakin banyaknya massa lemak pada kaki di lansia berkaitan dengan peningkatan perbaikan metabolisme gula yang dapat mengurangi risiko gangguan kognitif pada lansia.

Hasil penelitian ini mendukung beberapa Sustainable Development Goals (SDGs) berikut:

  1. SDG 3: Kehidupan Sehat dan Kesejahteraan
    Temuan bahwa obesitas pada lansia dapat berperan dalam melindungi fungsi kognitif menunjukkan perlunya pendekatan holistik dalam mempromosikan kesehatan pada usia lanjut. Ini tidak hanya mencakup penurunan berat badan, tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi kualitas hidup lansia, sesuai dengan tujuan SDG3.
  2. SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan
    Penelitian ini juga dapat menjadi inspirasi dalam mendukung SDG 17, dimana kolaborasi lintas sektor antara peneliti, tenaga kesehatan, dan pemerintah diperlukan untuk memperdalam pemahaman tentang hubungan antara IMT tinggi dan kesehatan kognitif. Pendekatan kolaboratif ini dapat menjadi dasar bagi kebijakan kesehatan yang lebih inklusif dan kontekstual, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti Indonesia, untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Penelitian lanjutan diperlukan untuk memahami mekanisme ini dan menegaskan hubungan antara IMT tinggi dan kesehatan kognitif. Meskipun demikian, menjaga gaya hidup sehat tetap penting bagi kesejahteraan lansia secara keseluruhan agar dapat mendukung tercapainya SDG3 dan SDG17 yang mendorong kolaborasi untuk peningkatan kualitas hidup lansia.

Penulis: Kadharmestan Gilang Pratama
Editor: Naufal Farah Azizah dan Septi Kurnia Lestari
Ilustrasi: dibuat menggunakan AI ∙ 7 Maret 2024 jam 15:01

Referensi:
Vidyanti, A. N., Hardhantyo, M., Wiratama, B. S., Prodjohardjono, A., & Hu, C.-J. (2020). Obesity Is Less Frequently Associated with Cognitive Impairment in Elderly Individuals: A Cross-Sectional Study in Yogyakarta, Indonesia. Nutrients, 12(367).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.