Meningkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara: Tantangan dan Peluang Mencegah Cedera Akibat Kecelakaan

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang berusia kurang dari 45 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami cedera akibat kecelakaan motor. Hasil studi ini menyoroti pentingnya pemahaman akan faktor-faktor demografi dalam kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor.

Sebuah penelitian yang menganalisis data sekunder HDSS Sleman tahun 2015 dan 2016 menemukan bahwa cedera akibat kecelakaan motor cenderung lebih tinggi pada orang-orang yang berusia kurang dari 45 tahun (69,7%). Selain itu, mayoritas korban cedera berjenis kelamin laki-laki (54,3%).

Meskipun faktor usia menunjukkan hubungan signifikan dengan risiko cedera, penelitian ini tidak menemukan korelasi antara jenis kelamin, status pernikahan, tingkat pendidikan, pekerjaan, domisili perkotaan, dan status sosial ekonomi dengan parahnya cedera. Hal menarik dari penelitian ini adalah usia secara statistik berhubungan dengan status cedera. Kelompok usia di atas atau sama dengan 45 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami cedera serius.

Penemuan ini memunculkan pertanyaan penting mengenai perlunya pengembangan program kesehatan yang lebih khusus untuk mengurangi risiko cedera yang parah. Program tersebut dapat diintegrasikan dengan program kesehatan yang sudah ada untuk lansia, khususnya yang menyoroti pentingnya keseimbangan dan refleks mengendara yang menurun seiring bertambahnya usia. Dengan demikian, program ini dapat menjangkau kelompok usia yang paling rentan mengalami cedera dalam hal ini usia kurang dari 45 tahun.

Penelitian ini juga memiliki implikasi yang signifikan dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) 3, yaitu kesejahteraan dan kesehatan bagi semua orang. Dengan memahami karakteristik cedera akibat kecelakaan motor, kita dapat merancang kebijakan dan program-program intervensi yang lebih efektif dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Sementara itu, para ahli kesehatan dan pembuat kebijakan dapat mempertimbangkan temuan ini dalam merumuskan langkah-langkah yang lebih efektif dalam melindungi masyarakat dari cedera akibat kecelakaan motor. Dengan demikian, keselamatan di jalan raya bisa menjadi lebih baik dan kesejahteraan masyarakat bisa terjamin lebih baik pula.

Penting diingat bahwa berkendara motor memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan mobil. Selalu mengutamakan keselamatan, dengan mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan helm SNI, dan memperhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berkendara secara aman, angka kecelakaan dan cedera akibat kecelakaan motor dapat diminimalisasi.

 

Penulis: Asy’shifa Wijayanty
Editor: Naufal Farah Azizah dan Septi Kurnia Lestari
Ilustrasi: dibuat menggunakan AI ∙ 7 Maret 2024 jam 15:06

Referensi:
Mariana, A. T., & Dewi, F. S. T. (2018). Cedera akibat kecelakaan lalu lintas di Sleman: data HDSS 2015 dan 2016. Berita Kedokteran Masyarakat, 34(6), 230-235.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.