Berkenalan dengan Kanker Payudara di Mayangan, Trihanggo, Gamping, Sleman

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali. Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat, khususnya Wanita (Kemenkes, 2021).

Tim pengabdian masyarakat HDSS Sleman FK-KMK UGM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik Kanker Payudara.Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Jumat, 10 November 2023 pukul 15.00-17.00 WIB di Mayangan, Trihanggo, Gamping, Sleman.

Narasumber pada kegiatan ini adalah dr. Nathina Finiasana W, Sp.O.G selaku dokter spesalis Obsgyn  dari FK-KMK UGM. Beliau menyampaikan materi berkaitan dengan penyebab, tanda gejala, pencegahan, dan deteksi dini kanker payudara dengan SADARI. Ibu-ibu yang tergabung dalam Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dusun Mayangan berespon positif terkait materi tersebut dengan aktifnya diskusi dan tanya jawab oleh narasumber. Harapannya, edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran diri untuk mencegah dan melakukan deteksi dini serta menghilangkan mitos di masyarakat terkait kanker payudara (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.