Edukasi Penyakit Tidak Menular Sebagai Inisiasi Pembentukan Posbindu di Baturan, Trihanggo, Gamping, Sleman

Penyakit tidak menular (PTM) menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. WHO melaporkan bahwa 40 juta penduduk di dunia menderita penyakit tidak menular tahun 2016 yang penyebab utamanya adalah penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernafasan kronis, diabetes dan cedera. Upaya pengendalian PTM dibangun berdasarkan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap ancaman PTM melalui Posbindu PTM. Pengembangan Posbindu PTM merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan, diselenggarakan berdasarkan permasalahan PTM yang ada di masyarakat dan mencakup berbagai upaya promotif dan preventif.

Tim pengabdian masyarakat HDSS Sleman FK-KMK UGM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik penyakit tidak menular.Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Selasa, 7 November 2023 pukul 10.00-12.00 WIB di Baturan, Trihanggo, Gamping, Sleman. Pengabdian Masyarakat ini diadakan bertepatan dengan rencana padukuhan Baturan dalam membentuk Posbindu PTM. Sehingga materi yang didapatkan dapat dimanfaatkan kader untuk edukasi kepada masyarakat.

Narasumber pada kegiatan ini adalah dr. Yogi Fitriadi, M.Sc selaku dosen Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas FK-KMK UGM. Beliau menyampaikan materi berkaitan dengan penyebab, tanda gejala, dan pencegahan penyakit tidak menular (asam urat, kolesterol, hipertensi, dan diabetes mellitus). Harapannya, edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan menghilangkan mitos di masyarakat terkait penyakit tidak menular (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.