Edukasi Kolesterol, Asam Urat, dan Diabetes Mellitus di Kurahan, Seyegan, Sleman

Penyakit tidak menular (PTM) menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat karena tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi secara global, merupakan jenis penyakit yang tak bisa ditularkan oleh penderita ke orang lain, jenis penyakit ini berkembang secara perlahan dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. PTM menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. WHO melaporkan bahwa 40 juta penduduk di dunia menderita penyakit tidak menular tahun 2016 yang penyebab utamanya adalah penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernafasan kronis, diabetes dan cedera. Selaras dengan data di dunia, PTM juga berkontribusi pada 73% kematian di Indonesia dimana 26% terjadi pada usia dewasa. Berbanding lurus dengan Asia Tenggara, wilayah Pasifik Barat juga mengalami peningkatan sebanyak 2.3 juta (21.1%) dibandingkan tahun 2000 yaitu sebesar 8,6 juta (WHO, 2018).

Tim pengabdian masyarakat HDSS Sleman FK-KMK UGM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik penyakit tidak menular.Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 10.00-12.00 WIB di Kurahan IV, Seyegan, Sleman. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Bapak Muji Hartana, selaku Dukuh Kurahan IV.

Narasumber pada kegiatan ini adalah dr. Yogi Fitriadi, M.Sc selaku dosen Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas FK-KMK UGM. Beliau menyampaikan materi berkaitan dengan penyebab, tanda gejala, dan pencegahan penyakit tidak menular (asam urat, kolesterol, hipertensi, dan diabetes mellitus). Masyarakat padukuhan Kurahan IV aktif dalam berdiskusi dengan narasumber dan berkonsultasi terkait mitos penyakit tersebut. Harapannya, edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan menghilangkan mitos di masyarakat terkait penyakit tidak menular (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.