Optimalisasi Kader Kesehatan Sekolah Dalam Mendukung Sekolah Sehat SMP Negeri 5 DEPOK

Salah satu upaya dalam menerapkan gaya hidup sehat dalam program health promoting school dapat dilakukan dengan menginisiasi program kader sekolah sehat. Pembentukan Kader Sekolah Sehat bertujuan untuk melakukan advokasi dan kampanye guna mendorong penerapan aktivitas fisik kepada masyarakat sekolah untuk mencegah penyakit tidak menular. Sejalan dengan program “Be Active, Be Healthy“, kader yang terpilih dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya terutama dalam kesehatan melalui pelatihan sekolah sehat dan menyebarkannya ke teman-teman dan lingkungan sekolah. Harapannya, hal ini dapat menjadi strategi yang tepat untuk membiasakan aktivitas fisik sejak dini di sekolah, dimulai di SMP N 5 Depok.

Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D., dari Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan pelatihan kader sekolah sehat pada siswa dan siswi terpilih dari SMP N 5 Depok. Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat, 22 September 2023 pukul 09.00-11.15 WIB secara luring di Perpustakaan SMP N 5 Depok, Sleman. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Bapak Supriyana, S.Pd.,M.Pd.I, selaku Kepala Sekolah SMP N 5 Depok.

Narasumber pada kegiatan ini adalah drg. Arumi Wulansari, M.P.H., selaku Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Beliau menyampaikan materi berkaitan dengan kader kesehatan dan sekolah sehat. Selain itu, penyampaian pentingnya aktifitas fisik pada usia sekolah disampaikan oleh Dr. dr. Rahmaningsih Mara Sabirin, M.Sc, narasumber dari Departemen Fisiologi FK-KMK UGM. Bersama dengan itu, tim juga mendampingi kader dan perwakilan guru dalam sesi diskusi program kerja yang dipandu oleh Ibu Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi, RD, dosen Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM selaku perwakilan tim pengabdian masyarakat.

Pelatihan berjalan lancar, kader dan guru aktif dalam melakukan diskusi. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu kader kesehatan dan sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang mendukung sekolah sehat, terutama dalam program “Be Active, Be Healthy” (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.