Gamadari: Gerakan Bersama Sadar Kanker Payudara dengan SADARI di Nogotirto, Gamping

Kanker payudara adalah tumor ganas yang yang tumbuh di dalam jaringan payudara, bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, maupun jaringan ikat pada payudara (Despitasari & Nofrianti, 2017). Berdasarkan data dari International Agency For Research On Cancer (IARC) tahun 2020, di Indonesia untuk perempuan semua umur, kanker payudara memiliki persentase kasus baru tertinggi kedua setelah kanker jenis lain sebesar 30,8%.

HDSS Sleman mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi pada Kader Kesehatan di Nogotirto, Gamping, Sleman. Kalurahan Nogotirto dipilih menjadi tempat pengabdian masyarakat berdasarkan hasil koordinasi dengan Puskesmas Gamping. II. Kegiatan dilaksanakan secara luring pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 di Kalurahan Nogotirto, Gamping, Sleman.

Narasumber pada kegiatan penyuluhan ini adalah Dr. dr. Prima Dhewi Ratrikaningtyas, M.Biotech selaku dosen Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi  FK-KMK UGM. Kegiatan berjalan lancar dan kader aktif dalam melakukan diskusi, serta bersama-sama mempraktikkan SADARI. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya kader kesehatan sebagai bekal dalam upaya promotif dan preventif, agar dapat berperan lebih besar pada keberlangsungan upaya peningkatan kesehatan di masyarakat. (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.