Pelatihan Deteksi Dini dan Pendampingan Pengawas Minum Obat (PMO) Tuberculosis Keluarga pada Kader Kesehatan di Sumberharjo Prambanan

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. TB dapat menular melalui proses inhalasi droplet dari penderita TB kepada orang yang sehat. Penanggulangan kasus TB yang terjadi di komunitas antara lain dapat berupa deteksi dini penyakit TB dan pengawasan pengobatan TB pada masyarakat yang tinggal di komunitas.

Wilayah kerja Puskesmas Prambanan, yakni Kecamatan Prambanan memiliki prevalensi tertinggi kasus TB dibandingkan dengan semua kecamatan di Sleman (HDSS, 2022). Angka kesembuhan pengobatan TB (cure rate) di wilayah tersebut pada tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi 81,8% (Dinkes Sleman, 2020). Meskipun sudah mengalami peningkatan, angka ini belum mencapai target nasional cure rate untuk TB yaitu sebesar 85%.

Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh dr. Yogi Fitriadi, MSc., bekerjasama dengan HDSS Sleman mengadakan pelatihan dengan topik “Pelatihan Deteksi Dini dan Pendampingan Pengawas Minum Obat (PMO) Tuberculosis Keluarga pada Kader Kesehatan di Sumberharjo, Prambanan”. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Juli 2022 pukul 09.00-13.00 WIB secara luring di Ruang Rapat Kalurahan Sumberharjo, Prambanan. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Bapak Kurniawan Widiyanto, SE selaku Lurah Sumberharjo.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. dr. I Dewa Putu Pramantara Setiabudi, SpPD., K-Ger., dosen Ilmu Penyakit Dalam FK-KMK UGM dan dokter di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito. Beliau menyampaikan mengenai deteksi dini TB dan pendampingan PMO TB di komunitas. Bersama dengan itu, dari tim juga menayangkan video edukasi investigasi kontak TB dan video simulasi pendampingan PMO TB Keluarga oleh kader.
Pelatihan berjalan lancar dan kader aktif dalam melakukan diskusi serta simulasi atau bermain peran (role play) dalam pendampingan PMO TB. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu kader kesehatan mengenai cara penemuan kasus aktif dan bagaimana melakukan pendampingan PMO pasien TB yang ada di komunitas (NN Hasanah).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.