PERTEMUAN DENGAN TOKOH MASYARAKAT DALAM COMMUNITY ENGAGEMENT COMMITTEE (CEC)

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat dalam Community Engagement Committee (CEC). Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 17 Juni 2021 pukul 13.00 – 14.30 secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pertemuan dibuka dengan sambutan ketua HDSS Sleman FK-KMK UGM, dr. Ifta Choiriyyah, MSPH, Ph.D. Beliau mengucapkan terima kasih atas bantuan, kerjasama dan saran untuk HDSS Sleman. Beliau berharap melalui pertemuan ini dapat menginfokan mengenai kegiatan HDSS yang berlangsung, menyampaikan perlunya bantuan, masukan dari Bapak/Ibu tokoh masyarakat, dan juga meningkatkan manfaat HDSS Sleman.

Pemaparan dilanjutkan oleh Dr. Supriyati, S.Sos, M.Kes, mengenai peran tokoh masyarakat bersama dengan HDSS Sleman untuk mewujudkan Sleman yang sehat, hasil pengambilan data HDSS Sleman tahun 2020, serta kegiatan HDSS Sleman tahun 2020-2021.

Terdapat pemaparan singkat dari tim peneliti yang akan dilakukan tahun ini, yaitu penelitian Synthesis yang bertujuan untuk mengetahui perjalanan penyakit Covid-19 dari sisi populasi dan klinis, serta dari penelitian CAD yang bertujuan mengetahui faktor yang dapat memprediksi adanya penyakit jantung koroner.

Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan tokoh masyarakat dari puskesmas, kapanewon, padukuhan, Sub PPKBD dan P3KMI. Sesi diskusi berjalan dengan menarik dari pihak tokoh masyarakat dan HDSS Sleman.

Topik yang didiskusikan antara mengenai transparansi identitas responden kepada puskesmas untuk dibantu menghubungi melalui kader maupun untuk ditangani segera oleh puskesmas, peningkatan kader lokal, peran puskesmas terkait sasaran dan enumerator HDSS Sleman, perlunya membuat forum khusus, serta rencana pertemuan selanjutnya.

Pertemuan berjalan dengan lancar. Kedepannya, diharapkan pertemuan ini berlangsung rutin sehingga dapat menjadi forum silaturahmi, dan diskusi dalam pelaksanaan kegiatan HDSS Sleman (F Rizqi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.