,

Diseminasi Hasil HDSS Sleman tahun 2020 Kepada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sleman

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan telah bekerja sama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sleman untuk menyelenggarakan diseminasi hasil HDSS Sleman kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sleman. Kegiatan berlangsung pada Senin, 15 Maret 2021 jam 09.00 – 11.00 di Aula Pangripta Kantor Bappeda Kabupaten Sleman, Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, DI Yogyakarta.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Sleman yang diwakili oleh Ibu Yuni Hastuti, S.IP, Kepala Sub Bidang Kesejahteraan dan Sosial Bappeda Sleman. Diseminasi hasil HDSS Sleman disampaikan oleh dr. Ifta Choiriyyah, MSPH., Ph.D selaku ketua dan peneliti HDSS Sleman FK-KMK UGM. Kegiatan diseminasi hasil merupakan kegiatan rutin HDSS Sleman dan Bappeda Sleman untuk mempresentasikan hasil penelitian HDSS Sleman untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah.

Pada tahun 2020, adanya Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai kegiatan, termasuk pengambilan data HDSS Sleman. Selama pandemi tahun 2020, HDSS Sleman tetap mengusahakan adanya pengambilan data dan menghasilkan data demografi, sosial, dan ekonomi yang baik dengan alternatif pengambilan data melalui telepon.

“Pengambilan data tahun 2020 dilaksanakan melalui telepon karena adanya pandemi Covid-19. Tujuannya untuk memantau kondisi sosial, ekonomi, dan kesehatan masyarakat selama pandemi dan hasilnya dapat bermanfaat untuk pembuatan kebijakan pemerintah”, ungkap dr.Ifta. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan OPD dari Bappeda Sleman, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, Dukcapil Sleman, DP3AP2KB Sleman, BPS Sleman, dan Diskominfo Sleman Diseminasi hasil ini mendapatkan respon positif dari OPD. Harapannya kegiatan diseminasi hasil dapat menginisiasi adanya luaran yang sinergis antar kedua institusi, serta pemanfaatan data HDSS Sleman secara maksimal oleh institusi di lingkungan pemerintah khususnya di Kabupaten Sleman. (AR Susilaningrum/ V Jaladara)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.