,

Bagaimana Memantau Kesehatan Lansia selama Pandemi Covid-19?

Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat terganggu. Salah satunya adalah kegiatan posyandu lansia. Posyandu lansia mempunyai peran yang penting dalam menjaga kualitas hidup lansia. Kegiatan posyandu tersebut diantaranya adalah  pelayanan kesehatan dan pemantauan kesehatan lansia.  Lantas, bagaimana kegiatan posyandu lansia selama pandemi Covid-19?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan arahan mengenai pelayanan kesehatan lansia dalam buku Panduan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia pada Era Pandemi Covid-19. Dalam buku tersebut bahwasanya kegiatan posyandu lansia ditunda. Penundaan kegiatan posyandu lansia tentu sangat berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan dan pemantauan kesehatan lansia. Selama penundaan posyandu lansia, diharapkan adanya optimalisasi peran kader dalam pemantauan kesehatan lansia dengan komunikasi jarak jauh kepada lansia maupun keluarga / pendamping lansia.

Berdasarkan kondisi tersebut, HDSS Sleman dan Tim Pengabdian Masyarakat FK-KMK UGM menyusun lembar pemantauan mandiri lansia sehat. Lembar tersebut ditujukan untuk lansia dan keluarga / pendamping lansia dalam pemantauan kesehatan lansia. Lembar pemantauan didesain semudah mungkin untuk digunakan semua kalangan, namun tetap memuat hal-hal yang esensial.

Selain itu, tim juga membuat video mengenai cara mengisi lembar tersebut dan cara memantau kesehatan lansia secara mandiri. Harapannya kesehatan lansia dapat terus terpantau baik oleh lansia itu sendiri maupun oleh keluarga atau pendampingnya.

Video cara memantau kesehatan lansia secara mandiri

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.