,

Pemetaan Potensi Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Wilayah Kerja HDSS Sleman

HDSS Sleman adalah sistem surveilans yang mengumpulkan data kependudukan dan kesehatan di bawah naungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Wilayah kerja HDSS Sleman yakni di seluruh wilayah Kabupaten Sleman yang melibatkan 17 kecamatan dan 216 kluster.

Pengambilan data HDSS Sleman dimulai sejak tahun 2015 dan dilakukan rutin setiap tahunnya. Kegiatan pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan pengukuran langsung kepada responden. Selain pengambilan data, HDSS Sleman juga menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di wilayah kerja HDSS Sleman.

Pengambilan data dan kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2020 mempunyai keunikan tersendiri karena adanya pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengharuskan kegiatan HDSS Sleman beradaptasi dengan berkegiatan secara daring. Pada tahun 2020, HDSS Sleman juga melakukan wawancara kepada kepala padukuhan melalui telepon. Wawancara dilakukan oleh supervisor lapangan. Pertanyaan yang diajukan yakni mengenai permasalahan kesehatan masyarakat di padukuhan tersebut.

Adanya data kuantitatif selama 5 tahun siklus pengambilan data dan data hasil wawancara kepada kepala padukuhan tahun 2020, HDSS Sleman membuat Laporan Hasil Pemetaan Potensi Pengabdian Masyarakat HDSS Sleman tahun 2021

Topik potensial untuk kegiatan pengabdian masyarakat yakni mengenai Covid-19, penyakit menular, penyakit tidak menular, perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, kesehatan jiwa, kesehatan gigi, kesehatan remaja, serta pengetahuan mengenai napza dan rokok.

Pengabdian masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Kegiatan potensial yang dapat dilakukan adalah inisiasi posyandu/posbindu, pendampingan posyandu/posbindu, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kompetensi kader, pemberian bantuan alat kesehatan, pembuatan media edukasi, penyuluhan / edukasi, dan pemeriksaan kesehatan.

Adanya laporan pemetaan potensi pengabdian masyarakat HDSS Sleman diharapkan dapat menjadi salah satu referensi data yang kredibel untuk penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat akan memberikan manfaat yang maksimal sesuai dengan analisis masalah setempat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.