,

HDSS Sleman Membantu Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Bidang Kesehatan dan Sosial di Kabupaten Sleman

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sleman telah bekerja sama dengan HDSS Sleman dalam penyusunan kajian perencanaan dan evaluasi kinerja bidang kesehatan dan sosial Kabupaten Sleman.  Kajian perencanaan dan evaluasi tersebut dilakukan oleh peneliti dan tim manajemen HDSS Sleman Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Kegiatan penyusunan laporan dilakukan dengan telaah dokumen dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang meliputi Dinas Kesehatan, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB). Selain itu juga dilakukan diskusi dengan tim kajian dan ahli dari FK-KMK UGM untuk memberikan masukan terhadap laporan perencanaan dan evaluasi kinerja. Kegiatan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting pada 8 Juni 2020. Tim ahli yang hadir yakni Ketua HDSS Sleman dan pengelola manajemen HDSS Sleman. Tujuan laporan dan kegiatan ini adalah sebagai perbandingan perspektif akademik bagi perspektif teknokratik dari evaluasi capaian pembangunan bidang kesehatan dan sosial Kabupaten Sleman tahun 2019. Permasalahan umum seluruh OPD dibagi dalam 3 hal yakni mengenai sumber daya dan organisasi, infrastruktur dan lingkungan, serta pelayanan. Peningkatan keahlian, partisipasi masyarakat, dan pelayanan publik menjadi rekomendasi hampir untuk seluruh OPD. Kajian yang dilakukan juga menggunakan data-data HDSS Sleman sebagai salah satu pembanding.

Hal menarik yang diangkat dalam laporan perencanaan dan evaluasi pembangunan bidang kesehatan dan sosial tahun 2020 terkait dengan sustainable smart city dan penanganan pandemi Covid-19. Diharapkan adanya sinergi yang baik antara berbagai organisasi dan bidang dalam program smart city maupun penanganan pandemi Covid-19. (ML Lazuardi, F Hafidz, AR Susilaningrum)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.