,

Penyuluhan terkait Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Kepada Posyandu Balita Dusun Sribit Kecamatan Berbah

Posyandu Balita Dusun Sribit Desa Sendang Tirto Kecamatan Berbah telah rutin melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulan. Posyandu Balita Dusun Sribit sering mendapatkan kunjungan baik dari Puskesmas maupun instansi kesehatan untuk memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. HDSS Sleman diminta oleh kepala dusun untuk turut memberikan penyuluhan mengenai pentingnya pemberian ASI Eksklusif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa warga yang tidak memberikan ASI Eksklusif kepada anaknya dengan alasan tertentu seperti kesibukan, ASI tidak dapat keluar dan lain-lain.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2019 pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 35 ibu-ibu bersama bayi dan balita. Materi penyuluhan disampaikan oleh dr. Hayu Qaimamunazzala, MPH dari Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial FK-KMK UGM. Dokter Zala memaparkan pengertian pemberian ASI secara eksklusif, kandungan ASI, pentingnya ASI bagi ibu dan bayi, kebutuhan ASI bagi bayi, cara menyusui yang baik, serta pemberian ASI bagi ibu yang bekerja. Media penyuluhan yang digunakan adalah slide presentasi dengan menampilkan gambar-gambar yang berhubungan dengan pemberian ASI supaya lebih mudah dipahami.

Masyarakat cukup antusias dan menyambut dengan baik kegiatan ini. Banyak ibu yang masih menyusui maupun sudah tidak menyusui memberikan pertanyaan kepada pembicara. Warga turut memberikan pengalamannya selama proses menyusui. Masyarakat berharap dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai topik-topik yang berkaitan dengan kesehatan balita maupun secara umum dengan dr. Zala. Selain itu, masyarakat berharap terus dilakukan kerjasama dengan HDSS Sleman baik dalam kegiatan penyuluhan maupun bentuk pengabdian masyarakat lainnya. Selain posyandu balita, Dusun Sribit juga rutin melaksanakan posyandu lansia.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.