,

Penyuluhan terkait Bahaya Merokok dan Cara Berhenti Merokok di Dusun Jaranan Kecamatan Cangkringan

HDSS Sleman menyelenggarakan kegiatan penyuluhan terkait bahaya merokok dan cara berhenti merokok di Dusun Jaranan, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan pada hari Jumat, 12 Juli 2019 pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini merupakan permintaan dari masyarakat dilatarbelakangi kekhawatiran salah satu masyarakat karena banyak warganya yang merokok dan kurangnya pengetahuan dan kesadaran terkait bahaya merokok dan cara berhenti merokok. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan rutin warga RT 01 sehingga banyak warga baik bapak-bapak maupun ibu-ibu dapat hadir dan berpartisipasi.

Materi penyuluhan disampaikan oleh Ibu Jusniar Dwi Rahaju, S.Psi, Psi dari Center of Health Behavior and Promotion (CHBP) FK-KMK UGM. Ibu Jusniar memaparkan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok dan asap rokok, proses menyebabkan ketergantungan, akibat rokok bagi perokok aktif dan pasif serta tahapan perubahan perilaku berhenti merokok. Media penyuluhan yang digunakan adalah slide presentasi dengan menampilkan gambar-gambar yang berhubungan dengan merokok.

Masyarakat cukup antusias dan menyambut dengan baik kegiatan ini. Baik bapak-bapak maupun ibu-ibu memberikan pertanyaan kepada pembicara. Proses diskusi berlangsung cukup lama karena beberapa warga berbagi pengalamannya ketika menjadi perokok berat hingga akhirnya mampu berhenti merokok. Warga yang lain menyampaikan kesulitannya untuk berhenti atau mengurangi merokok. Masyarakat berharap penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk berhenti merokok ini terus dilakukan dalam lingkup yang lebih luas, karena di Cangkringan sendiri banyak warga terutama pemuda yang merokok, tidak hanya di RT 01 Dusun Jaranan. Sementara prevalensi penyakit yang diakibatkan oleh merokok sudah semakin meningkat. Mereka juga menyampaikan harapan jika kedepannya dapat dilakukan penyuluhan atau pemeriksaan kesehatan dengan topik yang lain serta melibatkan lebih banyak warga tidak hanya bapak-bapak dan ibu-ibu.

 

Gambar 1. Kegiatan Penyuluhan di Dusun Jaranan, Cangkringan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.