Daerah Binaan: Kolaborasi HDSS Sleman dan Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial FKKMK UGM

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman FKKMK UGM berkolaborasi dengan Program Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran

Pelatihan di dusun Sembung

Sosial (HBSE), divisi perilaku dan promosi kesehatan FKKMK UGM pada tahun 2017 telah menginisiasi adanya daerah binaan sebagai wadah bagi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan berdasarkan analisis masalah yang ada di masing-masing daerah. Terdapat empat daerah binaan yaitu padukuhan Sembung, Purwobinangun, Sleman; padukuhan Nglaban, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik; padukuhan Samirono, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok; padukuhan Pundong II, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati.

 

Padukuhan Sembung

Pengabdian masyarakat di padukuhan Sembung mengangkat masalah peningkatan kapasitas kader posyandu. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar para kader posyandu mampu mengelola dan melaksanakan kegiatan posyandu dengan baik dan benar. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada kader posyandu selama tiga hari, yaitu pada tanggal 26 September 2017, 3 Oktober 2017, dan 7 Oktober 2017. Pada hari pertama disampaikan materi tentang prosedur pelaksanaan posyandu, pemberian makanan bayi dan balita serta pengukuran tekanan darah. Kegiatan hari kedua adalah pelatihan memasak menu snack sehat balita. Hari ketiga diisi dengan kegiatan materi sistem informasi posyandu, pengisian KMS, pelatihan antropometri serta pelatihan dasar komunikasi, dan teknik penyuluhan.

 

Padukuhan Nglaban

Hipertensi pada lansia merupakan permasalahan yang diangkat pada pengabdian masyarakat padukuhan Nglaban. Dilaksanakan program peningkatan kapasitas kader dalam mengembangkan posyandu lansia, peningkatan pengetahuan dan kesadaran lansia tentang hipertensi dan pola makan sehat, serta peningkatan partisipasi lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia untuk mengurangi angka kejadian hipertensi. Kegiatan yang dilakukan diantara studi banding dengan posyandu lansia di dusun lain yaitu dusun Kuningan pada tanggal 18 September 2017 dan diskusi lanjutan tanggal 22 September 2017; pelatihan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE), pelatihan pengukuran tekanan darah dan pelatihan senam lansia pada 7 Oktober 2017; bimbingan dan penyuluhan materi hipertensi dan pola makan sehat tanggal 10 Oktober 2017; peningkatan partisipasi kegiatan posyandu lansia dilaksanakan dengan sosialisasi tentang posyandu lansia dan home visit rumah lansia yang tidak dapat bergabung saat acara sosialisasi.

 

Padukuhan Samirono

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan fokus masalah yang diintervensi pada padukuhan Samirono. Program yang dilaksanakan di daerah ini merupakan upaya pencegahan dan penatalaksanaan PTM dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader lewat pelatihan. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 3-5 Oktober 2017. Hari pertama pelatihan diberikan materi tentang pencatatan dan pelaporan serta pengisian kartu menuju sehat (KMS); pencegahan dan penatalaksaan hipertensi dan diabetes mellitus; serta simulasi terkait pelaksaan penyuluhan. Kegiatan hari kedua adalah pemberian materi dan praktik pengukuran tekanan darah dan antropometri. Pada hari terakhir peserta diberikan materi tentang diet hipertensi dan diabetes mellitus, praktik cara mengukur gula darah, dan praktik senam kaki diabetes.

 

Padukuhan Pundong II

Hampir sama dengan fokus permasalahan di padukuhan Samirono, pengabdian masyarakat di padukuhan Pundong II mengangkat masalah penyakit tidak menular (PTM). Kegiatan yang di lakukan di padukuhan Pundong II mengambil tema “Gerakan Dukuh Pundong II Tanggap Hipertensi”. Kegiatan dilakukan secara berkala dengan rentang waktu tanggal 10-23 Oktober 2017. Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya penyuluhan mengenai hipertensi kepada kader kesehatan dan ibu-ibu PKK; pelatihan pengukuran tekanan darah pada kader kesehatan; penyuluhan mengenai hipertensi kepada remaja via aplikasi whatsapp; pelatihan tekanan darah pada remaja, penyuluhan tentang pemilihan dan pengolahan menu sehat; peningkatan aktifitas fisik pada remaja dengan menggiatkan kegiatan klub olahraga seperti voli, sepak bola, pingpong, peningkatan aktifitas fisik pada lansia dengan mengadakan jalan santai dan menggiatkan kembali senam lansia.

Pelatihan pengukuran antropometri di dusun Sembung

Pelatihan pengukuran antropometri di dusun Sembung

Pelatihan memasak di dusun Sembung

Studi banding posyandu lansia dusun Nglaban ke dusun Kuningan

Bimbingan dan penyuluhan lansia dusun Nglaban

Pelatihan pengukuran tekanan darah di dusun Nglaban

Pelatihan pencatatan, pelaporan, dan pengisian KMS dusun Samirono

Pelatihan pengukuran tekanan darah di dusun Samirono

Pelatihan pengukuran gula darah di dusun Samirono

Simulasi senam kaki diabetes di dusun Samirono