PENGAMBILAN DATA HDSS SLEMAN SIKLUS KE-9 TAHUN 2023

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman merupakan sistem surveilans yang mengumpulkan data transisi kependudukan, status kesehatan dan transisi sosial secara periodik dalam kurun waktu tertentu. HDSS Sleman telah melaksanakan pengumpulan data selama 8 siklus dan sedang mempersiapkan siklus 9. Sejak tahun 2014, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman menginisiasi pelaksanaan HDSS di Kabupaten Sleman yang disebut HDSS Sleman.

Tujuan penyelenggaraan HDSS adalah untuk mengumpulkan data kesehatan dasar berbasis masyarakat yang dapat digunakan untuk memberikan informasi dan advokasi bagi pembuat kebijakan serta praktisi kesehatan, sebagai referensi, latar belakang, menyediakan sampling frame untuk penelitian lain yang lebih spesifik, dan menyediakan bukti bagi pembuat kebijakan dalam penyusunan kebijakan dan intervensi kesehatan.

Rencana pengambilan data siklus ke 9 dilakukan pada bulan September 2023 – Januari 2024 pada 5150 rumah tangga dan 5774 individu yang terdapat di 216 kluster terpilih di Kabupaten Sleman. Pengambilan data siklus ke 9 tahun 2023 di fokuskan pada panel rumah tangga dan panel individu.

Panel rumah tangga terdiri dari modul demografi, kesehatan reproduksi (paritas), penyakit menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, disabilitas, akses dan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Sedangkan panel individu terdiri dari modul faktor risiko penyakit tidak menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, riwayat kesehatan dan pengobatan, serta antropometri.

Pelaksanaan pengambilan data siklus 9 tahun 2023 dilapangan dibantu oleh enumerator dengan pengawasan supervisor HDSS Sleman. Adapun identitas enumerator yang bertugas di lapangan yaitu mengenakan tanda pengenal disertai foto, nama, dan posisi, membawa surat tugas resmi dari FK-KMK UGM dengan tanda tangan dari Ketua Peneliti HDSS Sleman dan cap basah. (WMI).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.