PELATIHAN SUPERVISOR DAN ENUMERATOR SIKLUS 9 HDSS SLEMAN

Health Demography Surveillance System (HDSS) merupakan sistem yang telah banyak digunakan di berbagai negara untuk mengumpulkan data dinamika masyarakat dan perubahan status kesehatan serta sosial secara terus menerus pada periode waktu tertentu. HDSS Sleman telah melaksanakan pengumpulan data selama 8 siklus.

Saat ini, HDSS Sleman akan melaksanakan pengumpulan data putaran ke-9. Sebagai persiapan pengambilan dan manajemen data sebelum turun ke lapangan, HDSS Sleman melakukan pelatihan Supervisor dan Enumerator siklus 9 yang telah terpilih melalui seleksi tes tertulis dan wawancara oleh staff HDSS beberapa waktu yang lalu.

Pelatihan siklus 9 terbagi menjadi 3 tahapan. Pertama yaitu pelatihan Supervisor yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2023. Materi pelatihan Supervisor berupa gambaran wilayah penelitian dan alur perizinan, gambaran umum pengumpulan data siklus 9, tugas dan tanggung jawab Supervisor, penganalan materi modul rumah tangga dan individu, gambaran e-HDSS serta uji coba mengenai e-HDSS.

Kedua yaitu pelatihan Enumerator Panel Individu yang dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 21 – 24 Agustus 2023. Materi pelatihan Enumerator Individu berupa gambaran wilayah penelitian, pengenalan dan ujicoba e- HDSS, pengenalan modul sampel individu yang terdiri dari faktor risiko penyakit tidak menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, riwayat kesehatan dan pengobatan, antropometri serta uji coba wawancara lapangan.

Ketiga yaitu pelatihan Enumerator Panel Rumah Tangga yang dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 28 Agustus – 1 September 2023. Materi pelatihan Enumerator Rumah Tangga berupa gambaran wilayah penelitian, pengenalan dan ujicoba e- HDSS, pengenalan modul sampel rumah tangga yang terdiri dari demografi, kesehatan reproduksi, penyakit menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, disabilitas, akses dan pemanfaatan pelayanan kesehatan, serta uji coba wawancara lapangan.

Dengan diadakannya pelatihan Supervisor dan Enumerator sebelum turun ke lapangan diharapkan kedepannya pengambilan dan manajemen data siklus 9 HDSS Sleman dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan prosedur pengambilan data siklus 9 yang rencana akan mulai dilaksanakan pada awal bulan September sampai dengan Januari 2023. (WMI).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.