Workshop Be Active Be Healthy

Menurut WHO, diperkirakan sekitar 1 dari 4 orang dewasa dan 81% dari anak remaja kurang dalam melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang rutin adalah salah satu hal penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. “Sekarang ini dengan teknologi, semua dimudahkan. Kemana-mana dilakukan dengan kendaraan, jalan kaki saja sudah dilupakan. Pesan makanan juga dengan aplikasi yang ada ditangan. Kesehariannya juga cenderung ada didalam ruangan”, tutur dr. M Lutfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D, Ketua TIm Pengabdian Masyarakat Be Active, Be Healthy.

Hal ini tentu saja menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak. Oleh karena itu Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan bekerjasama dengan HDSS Sleman melaksanakan Workshop dan Group Discussion untuk menginisiasi program aktivitas fisik melalui health promoting school. Acara ini merupakan kelanjutan dari acara Workshop Diabetes Mellitus Mengancam Generasi Muda Yogyakarta yang telah diadakan pada tanggal 25 Mei 2023.

Worshop dan Grup Discussion yang diadakan pada hari Jumat, 7 Juli 2023 di FK-KMK ini mengundang perwakilan guru dari SD Percobaan 2 dan SMP Negeri 5 Depok. Kedua sekolah ini merupakan pilot project dari program inisiasi aktivitas fisik di sekolah. Selain itu, acara ini juga mengundah para stakeholder terkait, diantaranya perwakilan dari Dinas Kesehatan Sleman, Dinas Pendidikan Sleman, Kelurahan Caturtunggal, dan Puskesmas Depok 3.

Acara dibuka dengan pengenalan program “Be Active, Be Healthy: inisiasi Aktivitas Fisik melalui Health Promoting Schoool” dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Diskusi dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama berisi perwakilan guru dari kedua sekolah yang dimoderatori oleh Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes. Kelompok pertama ini, mendiskusikan mengenai aktivitas fisik sekolah yang memungkinkan untuk dilakukan sebagai sebuah program serta mengembangkan program aktivitas fisik guna meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga di sekolah

Kelompok kedua berisi perwakilan stakeholder terkait yang dimoderatori oleh ibu Notowati Dwi Vitasari dari Dinas Kesehatan Sleman. Kelompok kedua ini mengeksplor  program-program aktivitas fisik  yang telah dikembangkan dan dikolaborasikan bersama lintas sektor dalam peningkatan aktivitas fisik. Tujuan dari diskusi bersama stakeholder adalah untuk mendapatkan dukungan dan peluang untuk keberhasilan proram Be Active, Be Healthy.

Harapannya kedepannya, program Be Active, Be Healthy: Inisiasi Program Aktivitas Fisik melalui Health Promoting School ini dapat dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama antar sekolah serta dapat berkolaborasi dan mendapat dukungan dari para stakeholder lintas sektor demi keberlanjutan program jangka panjang. (WMI)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.