SOSIALISASI PEMANFAATAN DATA HDSS 2023

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman merupakan sistem surveilans yang mengumpulkan data dari populasi masyarakat Sleman yang dikoleksi secara longitudinal sejak 2015. HDSS bertujuan membangun surveillance site untuk mengumpulkan data demografis, epidemiologi, faktor ekologis (faktor risiko), pemanfaatan pelayanan kesehatan dan menghasilkan data sebagai dasar evidence-based policy-making.

Sosialisasi HDSS Sleman bertujuan untuk memperkenalkan HDSS kepada sivitas akademika dan meningkatkan pemanfaatan data HDSS. Secara umum sosialisasi dilakukan dengan presentasi selayang pandang HDSS Sleman, termasuk tinjauan deskriptif data umum secara longitudinal. Selanjutnya ditampilkan data-data yang diperkirakan terkait dengan minat riset departemen yang bersangkutan, dan ditutup dengan tanya jawab.

Pada tahun 2023, HDSS Sleman mengadakan dua kali sosialisasi pemanfaatan data sekunder di Fakultas Kedokteran UGM. Sosialisasi pertama dilakukan pada mahasiswa S1 Kedokteran angkatan 2020 pada tanggal 28 Februari 2023 di Auditorium FKKMK-UGM dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak kurang lebih 250 orang.

Ibu Ema Madyaningrum, S.Kep.Ns., M.Kes., Ph.D sebagai ketua divisi Data Utilization menyampaikan materi selayang pandang HDSS terkait tujuan, pengumpulan data dan skema permohonan data. Selanjutnya Ibu Yayuk Hartriyanti, SKM., M.Kes (tim pengelola divisi Data Utilization) menyampaikan overview data HDSS yakni visualisasi data HDSS dari berbagai topik penelitian HDSS. Sebagian besar peserta merasa topik sosialisasi menarik dan tertarik menggunakan data HDSS setelah mengikuti sosialisasi.

Sosialisasi kedua pada bulan Maret juga dilakukan pada mahasiswa S1 Kedokteran angkatan 2021 pada tanggal 14 Maret 2023 di Auditorium FKKMK-UGM dengan jumlah peserta yang hadir juga sebanyak kurang lebih 250 orang. Ibu Yayuk Hartriyanti, SKM., M.Kes (tim pengelola divisi Data Utilization) menyampaikan materi selayang pandang HDSS terkait tujuan, pengumpulan data dan skema permohonan data.

Selanjutnya dr. Braghmandita Widya Indraswari, M.Sc., Sp.A(K) (tim pengelola divisi Data Utilization) menyampaikan overview data HDSS yakni visualisasi data HDSS dari berbagai topik penelitian HDSS. Diharapkan dengan melihat data HDSS, mahasiswa tertarik untuk memanfaatkan data HDSS. Para mahasiswa antusias dengan sosialisasi dan banyak peserta bertanya serta berdiskusi terkait topik potensial penelitian. Diharapkan dengan adanya 2 sosialisasi yang diadakan HDSS dapat meningkatkan pemanfaatan data sekunder HDSS di kalangan sivitas akademika FK-KMK UGM. Agenda selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi kembali pada Departemen Keperawatan, Departemen IKM, Departemen Obgyn dan S3 Fakultas Kedokteran UGM (Adelia).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.