Serial Workshop Pemanfaatan Data HDSS Sleman Tahun 2022

Saat ini HDSS telah melaksanakan kegiatan pengumpulan data dimasyarakat hingga siklus ke-8 (2015-2022) dan memiliki koleksi data sebanyak 2.240 variabel demografi dan kesehatan. Diharapkan HDSS Sleman dapat menghasilkan penelitian unggulan, publikasi bertaraf nasional dan internasional, serta menjadi sumber informasi dan data mutakhir bagi pembuat kebijakan dan praktisi kesehatan.

HDSS Sleman telah menyelenggarakan Serial Workshop Pemanfaatan Data bagi seluruh sivitas (dosen, peneliti, mahasiswa) FK-KMK UGM dan peserta umum. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memperkenalkan koleksi data dan mendorong pemanfaatan koleksi data HDSS Sleman. Workshop ini dilaksanakan dalam dua sesi yaitu secara daring pada sesi-1 dan luring pada sesi-2. Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi dan memaksimalkan pemanfaatan data di HDSS Sleman sesuai dengan harapan dan keinginan peneliti. 

Workshop sesi 1 dilaksanakan secara daring via Zoom Meetings pada hari Kamis, 24 November 2022 pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan materi pengenalan HDSS. Diakhir sesi workshop ini peserta dibagi dalam breakout room zoom sesuai dengan minat topik masing-masing yang telah dipilih saat mengisi formular pendaftaran dan didampingi oleh fasilitator. Workshop sesi 1 diikuti oleh 155 peserta yang terdiri dari 90 sivitas akademika FK-KMK UGM dan 65 peserta umum.

Workshop sesi 2 dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Desember 2022 secara luring di Auditorium Gedung Tahir Sayap Utara Lantai 8 pukul 09.00 – 13.00 WIB. Pada sesi 2 dilaksanakan diskusi tindak lanjut pemanfaatan data dan rencana analisis peserta bagi yang berminat melanjutkan pemanfaatan data HDSS setekah mengikuti workshop sesi 1. Workshop sesi 2 diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari 20 sivitas akademika FK-KMK UGM dan 10 peserta umum. Diskusi dilakukan secara berkelompok sesuai topik pilihan masing-masing dan didampingi oleh fasilitator tim HDSS.

Peserta workshop mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa, dosen dan peneliti untuk dapat memanfaatkan data HDSS Sleman sebagai bahan penulisan jurnal atau tugas akhir mahasiswa. (Rizki KS).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.