Pengambilan Data HDSS Sleman Siklus ke-8 Tahun 2022

Health  and  Demographic Surveillance System  (HDSS)  Sleman merupakan  sistem  surveilans  yang mengumpulkan data transisi kependudukan, status kesehatan dan transisi sosial secara periodik dalam kurun waktu tertentu. HDSS Sleman telah melaksanakan pengumpulan data selama 7 siklus dan sedang mempersiapkan siklus 8. Sejak tahun 2014, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman menginisiasi pelaksanaan HDSS di Kabupaten Sleman yang disebut HDSS Sleman.

Rencana pengambilan data siklus ke 8 dilakukan pada bulan September-Desember tahun 2022 pada 5.147 rumah tangga di 17 kecamatan se Kabupaten Sleman. Pengambilan data siklus ke 8 di fokuskan pada panel rumah tangga yang bertujuan untuk menggambarkan dinamika kependudukan, gizi dan penyakit menular di Kabupaten Sleman. Pengambilan data pada panel rumah tangga terdiri dari demografi, sosial ekonomi, paritas, dan penyakit menular. 

Selain itu, pengambilan data juga dilakukan pada panel anak yang bertujuan untuk menggambarkan kesehatan anak di Kabupaten Sleman. Panel anak terdiri dari antropometri balita, kesehatan ibu hamil dan anak, ASI,MPASI,  Imunisasi dan konsumsi balita Semi Quantative Food Frequency Questionare (SQFFQ). Pada siklus ke 8 akan dilakukan pengambilan sampel penyegaran (refreshment sample) untuk mengembalikan responden rumah tangga seperti jumlah awal terbentuknya HDSS.

Pengambilan data dengan dibantu enumerator dari HDSS Sleman dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Identitas enumerator tersebut adalah menggunakan rompi berwarna cokelat dengan tulisan HDSS Sleman berwarna biru, menggunakan tanda pengenal disertai foto, nama, dan posisi, membawa surat tugas resmi dari FK-KMK dengan tanda tangan dari Ketua Peneliti HDSS Sleman dan cap basah (NN Hasanah, F Ningrum, RK Wardani)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.