SKEMA KERJA SAMA DAN PEMANFAATAN DATA HDSS SLEMAN – PENGARUH KESEHATAN ORAL TERHADAP KESEHATAN SISTEMIK PADA PENDUDUK LANJUT USIA DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA

Kesehatan oral memiliki peran penting dalam kesehatan umum. Kehilangan gigi memiliki dampak yang merugikan bagi kesehatan dan keterkaitan terhadap penurunan kesehatan sistemik pada lanjut usia. Kondisi sistemik antara lain obesitas abdominal, hipertensi, hiperglikemia, serta dislipidemia. Kesehatan terkait penyakit sistemik dan penyakit oral ditemukan dengan angka relatif tinggi, dan berbagai penelitian telah melaporkan hubungan di antara keduanya (Asai et al., 2015). 

Penelitian ini diketuai oleh drg. Elastria Widita, M.Sc., PhD dengan anggota peneliti dari unit kerja Fakultas Kedokteran Gigi UGM, RSGM UGM Prof. Soedomo, RS-Akademik UGM dan bekerjasama dengan Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Kabupaten Sleman FKKMK UGM melalui skema penelitian tersarang (nested research). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kesehatan oral terhadap kesehatan sistemik pada penduduk lanjut usia di Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 150 responden lanjut usia yang berusia ≥ 60 tahun di Kabupaten Sleman. Pengukuran tekanan darah, anthopometri, pengukuran lingkar pinggang dan aktifitas fisik juga dilakukan pada responden penelitian, serta pengisian kuesioner terkait riwayat dan perilaku kesehatan.

Kegiatan penelitian yang dilaksanakan dari November 2021 sampai dengan April 2022 disambut baik oleh masyarakat khususnya responden penelitian dengan harapan dapat memberi manfaat dalam meningkatkan kesadaran dari berbagai pihak terkait peran penting dari kesehatan gigi dan mulut serta promosi kesehatan terkait penyakit sistemik. (R Kurniawan, NN Hasanah, RK Wardhani).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.