ANNUAL SCIENCE MEETING (ASM) 2022 TRANSLATING RESEARCH INTO ACTION : PERAN DATA BERBASIS POPULASI SEBAGAI SUMBER RISET KESEHATAN BERKELANJUTAN DAN PENDUKUNG KEBIJAKAN KESEHATAN BERBASIS DATA

HDSS Sleman menyelenggarakan Simposium dalam rangka memperingati dies natalis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-76

Rabu, 30 Maret 2022 Pukul 09.00-12.00 WIB

Zoom Meeting & Live Streaming

Latar Belakang

Dalam rangka memperingati dies natalis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM)  ke-76,  FK-KMK menyelenggarakan Annual Science Meeting (ASM) 2022. ASM 2022 bertujuan mewadahi pertemuan-pertemuan ilmiah yang bersifat multidisipliner dari masing-masing kelompok kerja (pokja) di FK-KMK, UGM. Tema ASM Puncak 2022 adalah Adaptasi Pendidikan Kedokteran Kesehatan untuk mendukung Ketangguhan Sistem Kesehatan Indonesia. HDSS Sleman merupakan salah satu unit kerja yang ada di FK-KMK turut serta dalam mensukseskan kegiataan ASM 2022 dengan menyelenggarakan Simposium HDSS Sleman.

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman merupakan sistem surveilans yang melakukan pemantauan kondisi kependudukan dan kesehatan yang telah memasuki penyelenggaraan tahun ke-8. HDSS Sleman memiliki visi untuk mendukung pengembangan keilmuan di bidang kesehatan melalui penelitian berbasis data populasi berkelas dunia yang inovatif, unggul, dan berkualitas. Diharapkan HDSS Sleman dapat menghasilkan penelitian unggulan, publikasi bertaraf internasional, serta menjadi sumber informasi dan data mutakhir bagi pembuat kebijakan dan praktisi kesehatan.

Pada tahun 2022, HDSS melakukan berbagai upaya untuk dapat mendorong terbentuknya kebijakan kesehatan berdasarkan bukti ilmiah serta mendukung kegiatan pendidikan. Salah satu strategi yang direncanakan HDSS Sleman adalah dengan menyelenggarakan Simposium HDSS Sleman dengan tema Translating Research into Action: Peran data berbasis populasi sebagai sumber riset kesehatan berkelanjutan dan mendukung kebijakan kesehatan berbasis data. Harapannya dengan diselenggarakan kegiatan simposium ini dapat meningkatkan pengetahun civitas akademika FK-KMK UGM dan AHS terkait penelitian longitudinal berbasis populasi serta sebagai media berbagi pengalaman dari berbagai kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat di HDSS Sleman.

Tujuan

  1. Meningkatkan pengetahuan civitas akademika FK-KMK UGM dan AHS terkait penelitian longitudinal berbasis populasi.
  2. Memfasilitasi diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan di HDSS Sleman.