Workshop Analisis Data HDSS

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman merupakan infrastruktur riset yang menyediakan data sekunder dan populasi untuk nested research. HDSS Sleman mengumpulkan data dari populasi masyarakat Sleman yang dikoleksi secara longitudinal sejak 2015. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemanfaatan data HDSS Sleman diantara civitas academica UGM, pada tahun 2019 dan 2020 mengadakan “Workshop Pemanfaatan Data HDSS Sleman”. Mengingat keadaan pandemi pada tahun 2020, pemanfaatan data sekunder diharapkan menjadi pilihan yang lebih baik dibanding pengambilan data langsung ke masyarakat, baik bagi para peneliti maupun mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Sebelum kegiatan, peserta diminta mengisi formulir terkait topik minat penelitian. Topik minat penelitian dikelompokkan menjadi 4 yaitu : 1) penyakit tidak menular, 2) kesehatan ibu anak dan kesehatan reproduksi, 3) cedera dan verbal autopsi dan 4) asuransi dan penyakit menular, yang masing-masing diikuti oleh 49, 53, 9, 16 peserta.

Kegiatan workshop dilaksanakan secara daring, dan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan pada hari Kamis, 23 April 2020 dan diikuti oleh 104 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan peneliti. Ibu Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., Ph.D. (ketua peneliti HDSS Sleman) memperkenalkan HDSS di kalangan sivitas akademika FK-KMK UGM dan mendorong peserta untuk menentukan topik penelitian. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Jajah Fachiroh, S.P., M.Si., Ph.D., (koordinator divisi Data Utilization) mengarahkan peserta untuk kegiatan diskusi di sesi kedua. Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sesi 2 dilaksanakan selama 2 hari yaitu Rabu-Kamis, 29-30 April 2020. Peserta dikelompokkan berdasarkan minat topik penelitiannya sehingga bisa mendiskusikan terkait ketersediaan data dan memperjelas tujuan penelitian. Pada workshop sesi kedua ini peserta juga didampingi oleh pengelola HDSS yang ahli di bidangnya. Pengelola HDSS berperan sebagai fasilitator yang memberi masukan dan saran tentang judul penelitian yang diajukan. Dari kegiatan workshop ini terdapat 13 tim yang mengajukan permohonan data HDSS.

 

Reporter : Putri Tiara; Divisi Data Utilization

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.