Sosialisasi Pemanfaatan Data HDSS 2020

Health and Demographic Surveillance System (HDSS) Sleman merupakan sistem surveilans yang mengumpulkan data dari populasi masyarakat Sleman yang dikoleksi secara longitudinal sejak 2015. HDSS bertujuan membangun surveillance site untuk mengumpulkan data demografis, epidemiologi, faktor ekologis (faktor risiko), pemanfaatan pelayanan kesehatan dan menghasilkan data sebagai dasar evidence-based policy-making. Sosialisasi HDSS Sleman bertujuan untuk memperkenalkan HDSS kepada sivitas akademika dan meningkatkan pemanfaatan data HDSS. Secara umum sosialisasi dilakukan dengan presentasi selayang pandang HDSS Sleman, termasuk tinjauan deskriptif data umum secara longitudinal. Selanjutnya ditampilkan data-data yang diperkirakan terkait dengan minat riset departemen yang bersangkutan, dan ditutup dengan tanya jawab.

 

Pada tahun 2020, HDSS mengadakan 3 kali sosialisasi di departemen FK-KMK UGM. Sosialisasi pertama dilaksanakan di Departemen Forensik dan Medikolegal pada hari Senin, 24 Februari 2020 bertempat di Hotel POP, Yogyakarta. Seluruh dosen hadir dan dari pihak HDSS diwakili oleh Ibu Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., Ph.D. (Ketua Peneliti HDSS Sleman), dr. M. Lutfan Lazuardi, MPH. (koordinator divisi Stakeholder Engagement), Ph.D  dan Ibu Jajah Fachiroh, S.P., M.Si., Ph.D. (koordinator divisi Data Utilization). Para dosen antusias dengan data-data yang dimiliki oleh HDSS terlebih data terkait kecelakaan dan verbal autopsi. Hasil dari sosialisasi ini sejumlah 5 dosen (2 tim) mengajukan permohonan penggunaan data HDSS Sleman.

Gambar 1. Sosialisasi HDSS di Departemen Forensik dan Medikolegal FK-KMK UGM

Selama pandemi COVID19 yang dimulai dari bulan Maret 2020, sosialisasi HDSS dilaksanakan secara daring. Sosialisasi kedua dilaksanakan di Prodi S1 Gizi dan Kesehatan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 melalui media zoom meeting. Sosialisasi diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. dr. M. Lutfan Lazuardi, MPH., Ph.D menyampaikan data-data HDSS yang terkait kesehatan ibu dan anak, ASI dan MPASI, penyakit menular, dan penyakit tidak menular beserta faktor risikonya. Ibu Yayuk Hartriyanti, SKM, MPH (tim divisi Data Utilization, peneliti bidang maternal and child health) juga berbagi pengalamannya memanfaatkan data HDSS, baik data sekunder maupun nested research. Sebagian besar peserta merasa topik sosialisasi menarik dan tertarik menggunakan data HDSS setelah mengikuti sosialisasi. Selain itu, HDSS juga menyediakan rekaman sosialisasi tersebut di Youtube Channel HDSS Sleman FK-KMK UGM (http://bit.ly/hdssgoestogizi2020), sehingga dapat memfasilitasi peserta yang tidak dapat bergabung dalam acara sosialisasi ini.

Gambar 2. Sosialisasi HDSS di Prodi S1 Gizi dan Kesehatan FK-KMK UGM

Sosialisasi ketiga dilaksanakan di Prodi S1 Ilmu Keperawatan dan Prodi S2 Magister Keperawatan pada hari Rabu, 18 November 2020. Sosialisasi diikuti oleh dosen dan mahasiswa, baik melalui zoom meeting maupun live streaming di Channel Youtube HDSS Sleman FK-KMK UGM. Ibu Jajah Fachiroh, S.P., M.Si., Ph.D. menyampaikan materi selayang pandang HDSS terkait tujuan, pengumpulan data dan skema permohonan data. Selanjutnya Ibu Ema Madyaningrum, S.Kep.Ns., M.Kes., Ph.D., (tim divisi Data Utilization, peneliti bidang keperawatan komunitas) menyampaikan overview data HDSS yakni visualisasi data HDSS dari berbagai topik penelitian HDSS. Diharapkan dengan melihat data HDSS, dosen dan mahasiswa tertarik untuk memanfaatkan data HDSS. Para dosen dan mahasiswa antusias dengan sosialisasi dan banyak peserta bertanya serta berdiskusi terkait topik potensial penelitian.

Gambar 3. Sosialisasi HDSS di Prodi S1 Ilmu Keperawatan dan Prodi Magister Keperawatan

Pada sosialisasi tahun ini, HDSS juga melakukan demonstrasi tur website HDSS, dengan tujuan memperkenalkan website HDSS kepada sivitas akademika FK-KMK UGM. Dalam demonstrasi tur ini, tim menunjukkan langkah-langkah memanfaatkan data, visualisasi data, hasil pemanfaatan data dan pengajuan permohonan kerjasama ke HDSS. Diharapkan dengan adanya 3 sosialisasi yang diadakan HDSS dapat meningkatkan pemanfaatan data HDSS di kalangan sivitas akademika FK-KMK UGM.

Reporter : Putri Tiara, Divisi Data Utilization

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.